Caeleum Gallery

Anime Pharmaceutical.inc


Assalamu'alaikum wr.wb

Karena ini postingan pertama, jadi mohon maaf klo kurang memuaskan yaa,,, ^^

Pautan silang adalah suatu keadaan yang dapat memperbaiki performa atau kualitas pati dalam berbagai penggunaannya. Pati dan produk pati yang telah dipaut silang dengan crosslinking agent seperti phosphorus oxychloride, sodium trimetaphosphate, sodium tripolyphosphate, epichlorohydrin dan 1,2,3,4-diepoxybutane untuk memperbaiki fungsi mekanik dan stabilitas dalam air dari produk pati. Dalam penambahan penaut silang, campuran pati dengan polimer sintetik juga dipertimbangkan dalam hal untuk meningkatkan kualitas produk pati ini (Yang, 2009: 702).


Pautan silang merupakan metode lain yang dapat digunakan untuk memodifikasi pati. Prinsip dari metode ini hampir sama dengan metode asetilasi yaitu sama-sama mengganti gugus OH- dengan gugus fungsi yang lain. Pada metode asetilasi, gugus OH- diganti dengan gugus asetil, sedangkan pada metode pautan silang gugus OH- diganti dengan gugus eter, gugus ester, atau gugus fosfat.  Keuntungan dari penggunaan metode pautan silang adalah dapat menghasilkan pati dengan swelling power yang kecil dimana hal ini akan memperkuat granula pati dan menjadikan pati lebih tahan terhadap medium asam dan panas sehingga tidak mudah pecah pada saat pemanasan. Selain itu, metode cross-linking dapat meningkatkan tekstur, viskositas, paste clarity, gel strength, dan adhesiveness pati. Disisi lain, metode ini memiliki kekurangan yaitu menjadikan solubility, sediment volume, gel elasticity, dan freeze-thaw stability pati menurun (Raina, dkk, 2006: 561-570). 

Metode pautan silang dilakukan dengan cara menambahkan granula pati dengan reagen pautan silang (Mao Gui-Jie, 2006: 5855). Berikut adalah contoh reaksi cross-linking pati dengan menggunakan reagen monosodium fosfat.


Daftar Isi:
Mao Gui-Jie. 2006. Crosslinking of corn starch with sodium  rimetaphosphate in solid state by microwave irradiation: Journal of Applied Polymer Science.

Raina, C., Singh, S., Bawa, A., and Saxena, D. 2006. Some characteristics of acetylated, cross-linked and dual modified Indian rice starches: European Food Research and Technology.

Yang, yiqi. 2009. Citric Acid Cross-Linking Of Starch Films. Lincoln: University of  Nebraska. 

0 komentar:

Posting Komentar